Rudi Minta Dirut bright PLN Batam untuk Tidak Putus Aliran Listrik Warga Tidak Mampu


Rudi Minta Dirut bright PLN Batam untuk Tidak Putus Aliran Listrik Warga Tidak Mampu


BATAM (KEPRI) - Beritabatam.com |  Disampaikan melalui berbagai kanal kepada unsur pimpinan di Pemerintah Kota Batam. Masyarakat mengeluhkan dan merasa berat akan tagihan listrik yang naik di bulan Juni 2020.

Untuk menanggapi keluhan masyarakat, Walikota Batam Muhammad Rudi undang manajemen PT Bright PLN Batam untuk hadiri rapat yang dilaksanakan di ruang rapat Sekda dan dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin Saptu, 6 Juni 2020.

“Dalam rapat ini kita sampaikan apa yang menjadi keberatan masyarakat. Dan dari pihak PLN menyampaikan penyebab tagihan listrik sejumlah warga bisa meningkat signifikan,” tutur Jefridin.

PLN menjelaskan bahwa selama pandemi Covid-19 tidak menurunkan tim pencatat meteran listrik Dan sebagian besar masyarakat tidak mengirimkan foto meteran listriknya ke wadah yang PLN siapkan. Sehingga tagihan listrik pada bulan lalu hanya berdasarkan rata-rata pemakaian bulan sebelumnya.

“Karena itulah terjadi kekurangan bayar dari kondisi sebenarnya. Dan kenaikan tagihan bulan ini disebabkan kumulatif kekurangan bayar tersebut,” ujarnya.

Alasan lainnya menurut PLN, ada peningkatan penggunaan listrik oleh pelanggan selama kebijakan ‘di rumah saja’ berlangsung. Sehingga kWh yang tercatat di meteran pun meningkat di banding bulan-bulan sebelum covid-19 terjadi.

Pada pertemuan itu, Jefridin pun menyampaikan pesan Wali Kota kepada manajemen PLN. Antara lain meminta agar tidak ada pemutusan aliran listrik kepada warga yang tidak mampu membayar tagihan sekarang.

Kemudian, Pemko Batam juga berharap dari PLN ada kebijakan pembayaran bagi masyarakat. Misalnya kumulatif selisih bayar bulan sebelumnya tidak ditagihkan dalam satu bulan sekaligus.

“Jadi dibagi-bagi di bulan berikutnya. Sehingga masyarakat tidak berat untuk membayarnya,” kata dia.

Menurut Jefridin, saran yang disampaikan tersebut dapat diterima dengan baik oleh perwakilan PLN. Dan akan membahas lebih lanjut di internal perusahaan terkait saran serta masukan dari Pemko Batam tersebut.

Perwakilan PT Bright PLN Batam, Awaludin Hafid mengatakan hasil pertemuan tersebut akan disampaikan ke direksi perusahaan. Selain itu, masyarakat juga bisa menyampaikan permasalahan terkait tagihan ini ke kantor pelayanan PLN. (Kmg/MK)

Editor: Ramadhan
Share:  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar